1. Tabrakan Antar Galaksi
Ternyata galaksi pun dapat saling "memakan" satu sama lain. Yang lebih mengerikan adalah galaksi Andromeda sedang bergerak mendekati galaksi Bima Sakti kita. Gambar di atas merupakan simulasitabrakan Andromeda dan galaksi kita, yang akan terjadi dalam waktu sekitar 3 milyar tahun. Credit: F. Summers/C. Mihos/L. Hemquist
2. Quasar
Quasar tampak berkilau di tepian alam semesta yang dapat kita lihat. Benda ini melepaskan energi yang setara dengan energi ratusan galaksi yang digabungkan. Bisa jadi quasar merupakan black hole yang sangat besar sekali di dalam jantung galaksi jauh. Gambar ini adalah quasar 3C 273, yang dipotret pada 1979. Credit: NASA-MSFC.
3. Materi Gelap (Dark Matter)
Para ilmuwan berpendapat bahwa materi gelap (dark matter) merupakan penyusun terbesar alam semesta, namun tidak dapat dilihat dan dideteksi secara langsung oleh teknologi saat ini. Kandidatnya bervariasi mulai dari neotrino berat hingga invisible black hole. Jika dark matterbenar-benar ada, kita masih harus membutuhkan pengetahuan yang lebih baik tentang gravitasi untuk menjelaskan fenomena ini. Credit: Andrey Kravtsov.
4. Gelombang Gravitasi (Gravity Waves)
Gelombang gravitasi merupakan distorsi struktur ruang-waktu yang diprediksi oleh teori relativitas umum Albert Einstein. Gelombangnya menjalar dalam kecepatan cahaya, tetapi cukup lemah sehingga para ilmuwan berharap dapat mendeteksinya hanya melalui kejadian kosmik kolosal, seperti bersatunya dua black hole seperti pada gambar di atas. LIGO dan LISA merupakan dua detektor yang didesain untuk mengamati gelombang yang sukar dipahami ini. Credit: Henze/NASA
5. Energi Vakum
Fisika Kuantum menjelaskan kepada kita bahwa kebalikan dari penampakan, ruang kosong adalah gelembung buatan dari partikel subatomik "virtual" yang secara konstan diciptakan dan dihancurkan. Partikel-partikel yang menempati tiap sentimeter kubik ruang angkasa dengan energi tertentu, berdasarkan teori relativitas umum, memproduksi gaya antigravitasi yang membuat ruang angkasa semakin mengembang. Sampai sekarang tidak ada yang benar-benar tahu penyebab ekspansi alam semesta. Credit: NASA-JSC-ES&IA
6. Mini Black Hole
Jika teori gravitasi "braneworld" yang baru dan radikal terbukti benar, maka ribuan mini black holes tersebar di tata surya kita, masing-masing berukuran sebesar inti atomik. Tidak seperti black hole pada umumnya, mini black hole ini merupakan sisa peninggalan Big Bang dan mempengaruhi ruang dan waktu dengan cara yang berbeda. Credit: NASA-MSFC
7. Neutrino
Neutrino merupakan partikel elementer yang tak bermassa dan tak bermuatan yang dapat menembus permukaan logam. Beberapa neutrino sedang menembus tubuhmu saat membaca tulisan ini. Partikel "phantom" ini diproduksi di dalam inti bintang dan ledakan supernova. Detektor diletakkan di bawah permukaan bumi, di bawah permukaan laut, atau ke dalam bongkahan besar es sebagai bagian dari IceCube, sebuah proyek khusus untuk mendeteksi keberadaan neutrino. Credit: Jeff Miller/NSF/U. of Wisconsin-Madison
8. Ekstrasolar Planet (Exoplanet)
Hingga awal 1990an, kita hanya mengenal planet di tatasurya kita sendiri. Namun, saat ini astronom telah mengidentifikasi lebih dari 200 ekstrasolar planet yang berada di luar tata surya kita. Pencarian bumi kedua tampaknya belum berhasil hingga kini. Para astronom umumnya percaya bahwa dibutuhkan teknologi yang lebih baik untuk menemukan beberapa dunia seperti di bumi. Credit: ESO
9. Radiasi Kosmik Latar belakang
Radiasi ini disebut juga Cosmic Microwave Background (CMB) yang merupakan sisa radiasi yang terjadi saat Big Bang melahirkan alam semesta. Pertama kali dideteksi Pada dekade 1960 sebagai noise radio yang nampak tersebar di seluruh penjuru alam semesta. CBM dianggap sebagai bukti terpenting dari kebenaran teori Big Bang. Pengukuran yang akurat oleh proyek WMAP menunjukkan bahwa temperatur CMB adalah -455 derajat Fahrenheit (-270 Celsius). Credit: NASA/WMAP Science Team
10. Antimateri
Seperti sisi jahat Superman, Bizzaro, partikel (materi normal) juga mempunyai versi yang berlawanan dengan dirinya sendiri yang disebut antimateri. Sebagai contoh, sebuah elektron memiliki muatan negatif, namun antimaterinya positron memiliki muatan positif. Materi dan antimateri akan saling membinasakan ketika mereka bertabrakan dan massa mereka akan dikonversi ke dalam energi melalui persamaan Einstein E=mc2. Beberapa desain pesawat luar angkasa menggabungkan mesin antimateri. Credit: Penn State U. /NASA-MSF.
sumber : juju-keanehan.blogspot.com









47 komentar
saya jadi tambah penasaran nih sob, soal luar angkasa.
salam
@Sisi Lain: Sama, sob... kayaknya enak nih kalau kita tahu banyak tentang luar angkasa.
waalaikumsalam
Your post is too beautiful and I really impressed by this blog. Everything is fairly defined in this post. You should continue do this type of post. It’s enjoyable post.
luar angkasa memang tempat yang paling misterius...
Wuah ternyata luar angkasa memang tempat yg luar biasa, besar banget!!
Gue jadi ngerasa kecil
benar benar menakjubkan,,
terima kasih telah membuat posting ini, dg begitu saya dapat banyak tau tentang keunikan alam semesta,,
Its really very interesting post full of valuable informations. The key part of this post is its descriptive way to define anything. I liked it with my heart.
Everything is beautiful in this post which can be helpful for any person. I like this post very much you should continue make this type post.
I am finding this type of information from long time and now all information describe in this blog which are very useful. It’s really enjoyable.
Thanks for all of your comment...:D
This blog is very attractive everything design in well-manner and all things are very informative. I like this post very much.
This post is amazing which can attract any person. This is very knowledgeable post. I like this post very much.
Now I can say that I have visited a perfect thread which is giving me many useful points. These points are helpful in satisfaction. Such kind of posting should go on.
Escorts in Bangalore
Nice Post....
Bangalore Escorts
wow.I like it....
Bangalore Escorts
all the pics are great....nice information..
find a job online
this is very useful information for us
Share your interests
This is an extremely well written article. I will return to read more of your useful info. Thanks for the post. I will definitely return….
accommodation at cheap rates london
Super Duper posting, whenever I come across a blog that really has some excellent unique content I always want to say thank you, there are so many blogs nowadays that are full of copied content.
Great post, very informative. I think a lot of people will find this very useful.Keep post in coming future as well!!!
Yes a brilliant article Im pleased to have found it
Really Good STUFF
Thanks for showing up such fabulous information. I have bookmarked you and will remain in line with your new posts. I like this post, keep writing and give informative post...!
WOW! What an enjoyable time to looking through this post thanks for share.
Thanks for sharing this kind of blog…..very nice
Laptop Akku
your blog's writing skills is very fantastic…thanks for sharing
Excellent tips.Really useful stuff .Never had an idea about this, will look for more of such informative posts from your side.. good job...Keep it up
Houseboats Echuca Moama
The post is written in very a good manner and it entails many useful information for me. I am happy to find your distinguished way of writing the post. Now you make it easy for me to understand and implement the concept. Thank you for the post.
standby power controller
I am impressed by your work. It is very rare to read such articles offering quality information. Waiting for more updates from your side.
Thanks a lot for this wonderful post.
Maintenance Plumbing
I actually added your blog to my favorites and will look forward for more updates. This is very informative post. Great Job, Keep it up. Thanks for giving us nice info. Fantastic walk-through. I appreciate this post.
fantastic photo of around earth.
Strong SEO providing easiest and sometimes quickest way to generate that traffic for the websites.Its possible search engines to guarantee that "searches" find your site by using every algorithim's of search engines.
nice blog
This is a great inspiring article. I am pretty much pleased with your good work. You put really very helpful information. Keep it up. Keep blogging. Looking to reading your next post.
While breast implants have been safely used since the early 1960s, silicone technology has improved to where today’s implants are made with more consistent manufacturing parameters in Botox Treatments UK.
this is a good blog.
Strong SEO provides white label SEO services to agencies and web design companies to resell to their clients.We work in the background to enhance your client’s search engine ranking while you take the credit for the result.
Thank you for sharing superb information. Your website is so cool. I'm impressed by the details that you have on this website. It reveals how nicely you understand this subject.
Can I just say what a relief to find someone who actually knows what theyre talking about on the internet. You definitely know how to bring an issue to light and make it important. More people need to read this and understand this side of the story. I cant believe youre not more popular because you definitely have the gift.
First of all let me tell you, you have got a great blog .I am interested in looking for more of such topics and would like to have further information. Hope to see the next blog soon.
Thanks for very exciting publish. I have a high respect for the precious details you provide in your articles. I really believe you will do much better later on.
this is right and needfull and very helpfull. I really need to know this.I wish you post this type of things many many times.
The article is nice and its pleasant to read. I have known very important things over here.
HSS are launching a new cellular anti-ageing clinic, to be held on Tuesday’s and Friday’s. Find out how fast you’re ageing and avoid age effect on skin.
Large or protruding ears can be an embarrassing problem for both children and adults and often has a negative impact on the self-esteem and confidence.
Acne is one of the most common skin conditions worldwide today. It doesn’t discriminate, affecting teenagers and adults, men and women alike.
The treatment uses a small handheld rolling device called a dermaroller that is covered with lots of tiny, closely spaced needles.
Silahkan Beri Komentar Saudara...